Tengklek Gajah

Tengklek Gajah

Daerah Istimewa Yogyakarta memang memiliki banyak kekayaan budaya baik, khususnya destinasi wisata hingga makanan tradisional. Ada banyak sekali warung khusus kuliner tradisional Jogja baik makanan berat maupun jajanan yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke sana. Salah satunya adalah tengklek gajah yang sudah terkenal di kalangan masyarakat luas maupun wisatawan.

Apa Itu Tengklek Gajah?

Mungkin sebagian dari Anda masih penasaran dengan nama yang satu ini. Tengklek gajah merupakan warung yang menyediakan berbagai jenis olahan kambing dengan porsi jumbo. Letaknya tak jauh dari pusat kota Yogyakarta, sehingga sangat mudah ditemukan dan diakses. Tepatnya berada di dusun Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Sleman Yogyakarta.

Nama yang diambil dari warung ini cukup unik dan diambil dari salah satu menu utamanya yaitu Tengklek Gajah, dimana terdiri atas dua kata yaitu tengklek yang berarti sup khas Solo yang berbahan dasar kambing dan gajah yang berarti porsi besar atau jumbo.  Jadi, secara umum warung ini menyediakan berbagai jenis kuliner berbahan kambing baik itu tuang, jeroan, maupun daging.

Daya Tarik Tengklek Gajah

Setiap tempat wisata dan kuliner yang ada di Jogjakarta memang memiliki daya tarik tersendiri yang seolah menghipnotis pelanggannya. Tak terkecuali warung tengklek ini, sehingga banyak wisatawan yang mampir dan mencoba olahan kambing khas solo tersebut. Berikut adalah beberapa daya tarik tersebut:

1. Memiliki cita rasa yang khas

tengklek-gajah-01
youtube.com

Pemilik warung ini selalu menggunakan rempah-rempah dan bumbu khusus untuk memasak setiap makanan. Hal itu membuat cita rasa kuliner yang berbahan kambing sangat khas dan berbeda dengan lainnya. Daging kambing dimasak dalam waktu sangat lama, sehingga menghasilkan rasa yang lembut dan empuk.

2. Penyajian yang khas

tengklek-gajah-02
youtube.com

Setiap kuliner yang tersedia di warung ini disajikan dengan cara yang khas yaitu dalam kondisi yang panas. Setiap pelanggan yang hendak memesan, baru akan dimasakkan dan dipanaskan terlebih dahulu supaya aromanya tetap terjaga dan menggugah selera. Sementara dagingnya masih ada yang menempel di tulang.

3. Cara memakannya yang unik

tengklek-gajah-03
youtube.com

Tidak seperti makan sup pada umumnya, di warung ini tersedia sedotan khusus untuk menikmati sup kambing, khususnya dari sumsum yang berada di dalam tulang. Cara yang demikian lebih unik dan mudah dilakukan tanpa harus repot menggunakan tangan secara langsung.

Namun, jika Anda  tidak menyukai menggunakan sedotan, maka bisa juga menggunakan tangan secara langsung untuk memakan potongan daging yang menempel di tulang maupun sumsum. Ditambah pula meja makan panjang yang nyaman dan membuat betah orang duduk serta menikmati kuliner.

4. Potongan daging dan tulangnya yang besar

tengklek-gajah-04
youtube.com

Tak hanya lembut dan empuk, potongan daging kambing serta tulangnya sangat besar, sebagaimana namanya “gajah”. Hal itu membuat pelanggan sangat puas dan cukup kenyang dengan tambahan nasi yang sudah tersedia. Kemudian pelanggan bisa mengambil nasi sepuasnya alias sampai kenyang.

5. Bebas memesan rasa

tengklek-gajah-05
youtube.com

Anda bisa bebas memesan tengklek dengan rasa tertentu sesuai selera, sebab disana menyediakan berbagai jenis citarasa mulai dari original, pedas, sambal bawang hingga mau digoreng atau tidak. Begitu pula Anda bisa bebas mengambil nasi sesuai dengan kebutuhan untuk menambah kenikmatan sajian tengklek.

6. Lokasi dan harga yang terjangkau

tengklek-gajah-06
youtube.com

Warung Tengklek Gajah cukup terletak di tengah perkampungan, namun mudah dijangkau karena masih satu rute dengan pusat kota Yogyakarta dan beberapa destinasi wisata tertentu. Selain itu juga menyediakan varian olahan kambing dengan harga yang terjangkau dan cocok bagi setiap kalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa saya bantu?